Review Razer Huntsman Elite Indonesia (Lengkap dengan Harga)

Review Razer Huntsman Elite

Review Razer Huntsman Elite – Seperti yang sudah diketahui bahwa selama ini Razer telah merancang sendiri mechanical switch yang mereka pasangkan pada produk keyboard gaming mereka, mulai dari keyboard desktop hingga laptop. Tetapi pada produk keyboard terbaru kali ini yang diberi nama Razer Huntsman Elite, Razer mempersembahkan switch terbaru mereka yaitu Optomechanical switch. Memang nama tersebut sedikit susah untuk diucapkan.  Akan tetapi kecanggihan yang dihadirkannya sangat sepadan dengan namanya. Switch ini menggabungkan antara elemen mechanical dengan LASER. Ya, laser. Lalu bagaimana cara kerjanya? Mari kita bahas lebih lanjut. Namun yang perlu diketahui adalah respon keyboard ini luar biasa cepat.

Review Razer Huntsman Elite

Desain Razer Huntsman Elite

Meskipun kehadiran Huntsman Elite ini menarik perhatian yang sangat besar, akan tetapi ukuran dari keyboard ini sendiri terbilang cukup kecil, bahkan keyboard dari Razer berukuran penuh terkecil. Hal tersebut dikarenakan keyboard ini mengadopsi desain frameless atau tanpa frame. Kebanyakan keyboard buatan Razer hadir dengan frame plastik yang tebal, kali ini Razer membuang karakteristik tersebut untuk bisa mendapatkan desain yang lebih sederhana.

Keyboard ini dirancang dengan keycap melayang di atas dasarnya yang berbahan aluminium anodized hitam seperti yang dapat ditemukan pada keyboard Logitech G513 dan HyperX Alloy Elite RGB. Kemudian Razer memberikan sentuhan berbeda berupa pencahayaan yang mengepung keyboard tersebut di bagian pinggirnya, bahkan hingga bagian penyangga lengannya.

Review Razer Huntsman Elite

Mungkin memang terdengar sedikit berlebihan. Namun Razer tidak ingin produknya mengulang desain merek lain. Razer juga merupakan pelopor pencahayaan RGB yang sangat terang namun nyaman dipandang dengan produknya yang diberi embel-embel Chroma.

Selain itu, Huntsman Elite juga dibekali dengan tombol media pada bagian ujung kanan atas yang terdiri dari tombol play/pause, next, dan previous, serta tambahan berupa knob volume yang bisa diputar untuk mengatur volume dan sebuah tombol mute di atasnya.

Review Razer Huntsman Elite

Knob volume tersebut sangat nyaman digunakan di mana sedikit menjorok keluar sehingga memutarnya pun menjadi sangat mudah dan terasa menyenangkan. Begitu kamu mulai memutarnya, pencahayaan yang melingkar di bagian atasnya akan berubah menjadi putih dan semakin terang ketika kamu menaikkan volumenya.

Kemudian Razer memindahkan tempat indikator Caps Lock dan lainnya tepat di atas tombol arah. Area yang selama ini ditinggalkan kosong tanpa ada sentuhan apapun.

Berpindah ke komponen penyangga lengan, bagian tersebut sangatlah empuk dan nyaman untuk tangan kamu. Dengan begitu kamu bisa merasa nyaman meskipun bermain game sepanjang hari. Satu hal yang disayangkan adalah bagian pinggirnya yang tidak tertutup bantalan akan membuatmu merasakan kerasnya bahan logam jika lenganmu menyentuhnya.

Review Razer Huntsman Elite

Performa Razer Huntsman Elite

Razer bukanlah produsen periferal gaming pertama yang menghadirkan keyboard dengan optical switch. Akan tetapi inovasinya yang dinamakan Optomechanical Switch akan terasa sangat unik ketika kamu menekannya dan juga memiliki respon yang jauh lebih cepat dibandingkan keyboard lainnya.

Jika kamu menarik keycap dari Huntsman Elite, maka kamu akan menemukan switch berwarna ungu dengan bentuk yang agak aneh di baliknya.

Kamu akan melihat pasak yang biasanya hanya berbentuk tanda +kini sedikit berbeda dengan tambahan pagar yang mengitarinya dan tersambung dengan sebuah besi kecil. Bagian atas dari switch tersebut dirancang untuk dapat memberikan rasa khas dari mechanical switch sementara bagian tengah ke bawahnya hanyalah pegas, rongga kosong, dan laser yang menjadi penggerak utama optical switch ini.

Review Razer Huntsman Elite

Jika switch keyboard lain pada umumnya akan menerima perintah atau mulai mengetikkan karakter ketika tombol ditekan hingga mentok kebawah dan titik kontaknya bertemu, maka lain halnya dengan Optomechanical yang dapat menerima perintah dengan memanfaatkan laser. Sinar laser yang diam di balik setiap keycap akan segera mengirimkan sinyal perintah begitu tombol ditekan dan mengubah sorotan laser tersebut. Dan sebagaimana kecepatan cahaya yang luar biasa cepat, laser tersebut juga dapat memberikan respon yang sama cepatnya.

Review Razer Huntsman Elite

Pada switch ini, Razer menggabungkan semua manfaat yang bisa didapatkan dari setiap model mechanical switch yang ada di pasaran.  Optomechanical switch ini menggabungkan gaya aktuasi sebesar 45 g seperti pada Cherry MX Red dan feedback ‘clicky’ yang ada pada Cherry MX Blue atau Razer Green Switch. Selain itu, switch tersebut juga dirancang dengan jarak tekan hanya 3,5 mm dengan titik aktuasi 1,5 mm yang mana sangat rendah dan hampir menyamai switch Cherry MX Speed Silver.

Semua kehebatan tersebut akan memberikan keuntungan yang besar ketika keyboard ini digunakan untuk bermain game. Game FPS atau First Person Shooter akan terasa lebih menyenangkan dan karakter akan terasa jauh lebih responsif ketika dimainkan menggunakan keyboard ini. Menurut pengakuan Razer, switch Optomechanical  ini beraktuasi 30% lebih cepat dibandingkan dengan mechanical switch dengan feedback clicky pada umumnya. Daya tahan yang dimiliki oleh switch ini juga dikatakan dua kali lebih hebat dengan ketahanan untuk ditekan hingga 100 juta kali.

Akan tetapi, jika semua tombol yang ada pada keyboard Huntsman Elite ini masing-masing dilengkapi dengan lasernya sendiri, maka ada total 104 laser yang menyala setiap saat komputermu menyala. Ditambah lagi dengan adanya pencahayaan RGB, itu artinya keyboard ini mengkonsumsi daya yang cukup besar untuk bisa bekerja dengan baik, dan hal tersebut terbukti dengan adanya dua buah port USB yang harus disambungkan untuk menghidupkannya.

Harga Razer Huntsman Elite

Semua kecanggihan yang dihadirkan oleh keyboard ini membuatnya tersedia dengan harga yang cukup tinggi. Di Indonesia sendiri belum ada toko yang menjual produk ini karena memang sepertinya belum mendarat di tanah air. Namun Razer menjual keyboard ini melalui situs resminya dengan harga 199 USD atau sekitar Rp2.900.000.

Akan tetapi ada satu versi lagi dari keyboard ini dengan harga yang sedikit lebih murah yakni Razer Huntsman. Dengan pemangkasan berupa hilangnya tombol media, keyboard ini dibanderol di situs resminya dengan harga USD 149 atau sekitar Rp2.100.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *