8 Cara Mempercepat Koneksi WiFi (Pasti Ngebut)

Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Kamu pastinya merasa sangat frustasi ketika kamu harus mengerjakan tugas dengan deadline yang mepet namun website yang ingin kamu akses tak kunjung terbuka. Atau ketika kamu ingin sekali menonton video di YouTube tapi video tersebut selalu berhenti untuk buffer. Kamu tahu penyebab dari kedua masalah tersebut adalah WiFi yang lemot. Lalu adakah cara mempercepat koneksi WiFi di rumah? Tenang, kamu tak perlu panik. Untungnya ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan terhadap jaringan WiFi di rumah agar bisa memberikan koneksi internet yang lebih baik, dan beberapa metode berikut ini tidak membutuhkan biaya sepeser pun.

Posisikan Router di Ruang Tengah dan Tempat yang Tinggi

Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Posisi router di rumah kamu memiliki peran yang besar terhadap kecepatan koneksi yang kamu dapatkan. Jika selama ini posisi router berada di bagian ujung rumah, maka besar kemungkinan sinyal WiFi tersebut tidak bisa mencapai laptop yang sedang kamu gunakan di kamar yang berada jauh dari router.

Lokasi ideal untuk menempatkan router tersebut adalah sebisa mungkin di bagian tengah dari rumah kamu dengan kondisi ruang terbuka serta jauh dari perangkat elektronik lain. Karena semakin banyak tembok, pintu, atau penghalang lain, maka sinyal WiFi akan semakin sulit untuk menyebar dengan luas.

Selain itu, menempatkan router di tempat yang lebih tinggi juga merupakan pilihan yang baik karena router cenderung menyebarkan sinyalnya ke arah bawah sehingga jangkauan internetnya akan menjadi jelek jika kamu taruh di lantai.

Perbaiki Posisi Antena Router

Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Pada umumnya router dilengkapi dengan antena, baik itu antena internal maupun antena eksternal. Apabila secara kebetulan router kamu memiliki dua buah antena eksternal, maka kamu bisa memposisikan antena tersebut dengan posisi tegak lurus antara satu dengan yang lain, di mana satu antena dengan posisi vertikal dan satu antena dengan posisi horizontal.

Hal tersebut dikarenakan proses transmisi sinyal bisa terjadi secara maksimal apabila penerima dan pengirim sinyal bekerja dengan bidang yang sama. Beberapa perangkat seperti smartphone, tablet, atau laptop memiliki antena dengan posisi vertikal dan beberapa perangkat dengan antena horizontal. Dengan posisi yang sama antara router dan perangkat yang kamu gunakan, maka transmisi nirkabel bisa maksimal.

Akan tetapi jika router kamu hanya memiliki satu antena saja atau bahkan antena internal, maka kamu perlu melakukan beberapa kali percobaan. Kamu bisa mencoba memposisikan antena atau router dengan posisi vertikal atau horizontal dan cari tahu mana yang memberikan hasil terbaik.

Gunakan Powerline Adapter

Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Jika kamu tinggal di rumah bertingkat, maka memposisikan router di bagian tengah dari rumah akan terasa tidak cukup adil. Jika demikian, kamu bisa menggunakan powerline adapter sebagai solusinya.

Powerline adapter dapat digunakan pada sebagian besar konstruksi modern dengan cara memanfaatkan kabel listrik yang ada di dalam tembok rumah. Yang perlu kamu lakukan adalah memasang satu powerline adapter di lubang listrik dekat dengan router dan hubungkan keduanya melalui kabel Ethernet. Kemudian pasangkan powerline adapter kedua di ruang yang tidak terjangkau sinyal router. Pada powerline adapter kedua tersebut, kamu bisa menghubungkan perangkat mu secara langsung menggunakan kabel Ethernet, atau bisa juga menghubungkannya ke router lain agar bisa menjadi WiFi di ruangan tersebut.

Gunakan WiFi Repeater

Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa menggunakan powerline adapter merupakan salah satu solusi yang baik untuk meningkatkan jangkauan WiFi di rumah. Namun sayangnya alat tersebut tidak dapat bekerja jika rumahmu memiliki sirkuit listrik yang berbeda.

Jika kamu ingin meningkatkan jangkauan WiFi di rumah dan powerline adapter tidak bisa dijadikan sebagai pemecah masalah, maka pilihan yang kamu punya selanjutnya adalah dengan menggunakan WiFi Repeater. Alat tersebut bekerja dengan cara menangkap sinyal internet dari router utama, kemudian memancarkan kembali sinyalnya. Dengan begitu ruangan tersebut bisa mendapatkan sinyal yang sama kuat dengan ruang yang terdapat router utama. Alat ini secara efektif dapat meningkatkan kekuatan sinyal WiFi di ruang yang kurang terjangkau oleh router utama (bukan tidak terjangkau).

Aktifkan Password WiFi

Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Langkah yang satu ini mungkin memang sudah sangat sering diterapkan. Akan tetapi masih banyak juga yang membiarkan jaringannya terbuka tanpa pengamanan. Hal ini tidak hanya bisa berisiko kamu sebagai pemilik jaringan tersebut, namun juga bisa menyebabkan koneksi yang sangat lambat. Jika kamu tidak memberikan pengamanan berupa password pada jaringan mu, maka semua orang bisa bebas terhubung ke jaringan tersebut dan menggunakannya tanpa tanggung jawab seperti streaming video atau mengunduh file berukuran besar.

Untuk mengaktifkan password, kamu bisa log in ke halaman admin router milik mu dengan cara mengakses alamat IP router melalui browser, kemudian sign-in menggunakan ID default. Setiap merek memberikan ID default yang berbeda-beda, namun kamu bisa mencari tahu dengan mudah melalui internet atau kadang tertera pada bagian bawah router atau di buku manual produk. Pilih WPA2 sebagai metode enkripsi kemudian kamu bisa membuat password, usahakan yang mudah diingat.

Gunakan Aplikasi Heatmap

Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Apabila kamu masih kurang yakin apakah ada jaringan lain di dekat rumah yang menghalangi sinyal WiFi milik mu, atau bagaimana kondisi jangkauan jaringan mu, kamu bisa mengunduh aplikasi yang dapat menunjukkan semua informasi tersebut.

Aplikasi tersebut memungkinkan mu untuk bisa melihat pemetaan dari jangkauan sinyal WiFi dan sebagaimana kuatnya sinyal tersebut di setiap ruangan. Dengan bermodalkan informasi tersebut, kamu bisa memposisikan kembali router, antena, atau powerline adapter agar jangkauan WiFi bisa lebih optimal.

Beralih ke Frekuensi 5 GHz

Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Masalah lain yang mungkin lepas dari pantauan mu adalah frekuensi dari router yang kamu miliki. Apabila ketika kamu membeli router dan memasangnya untuk pertama kali tanpa melakukan pengaturan tertentu terlebih dahulu, mungkin saja kamu melewati opsi untuk bisa memilih frekuensi antara 2,4 GHz atau 5 GHz (standarnya router akan mengaturnya ke 2,4 GHz secara default).

Apabila kamu memiliki banyak peralatan elektronik nirkabel di rumah, spektrum 2,4 GHz bisa menjadi sangat sibuk. Perangkat yang memanfaatkan koneksi Bluetooth dapat menyebabkan lalu lintas yang padat pada spektrum 2,4 GHz.

Untuk menghindari masalah tersebut, kamu bisa mengubah frekuensi router ke 5 GHz melalui panel administrator seperti ketika kamu mengaktifkan password. Apabila terdapat opsi yang membuatmu bisa memilih antara 2,4 GHz atau 5 GHz, pastikan kamu memilih 5 GHz.

Ganti Router dengan yang Baru

Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Jika kamu berlangganan paket internet dengan kecepatan tinggi, akan tetapi apa yang kamu dapat tidak sesuai dengan yang ditawarkan oleh provider internet, maka kemungkinan yang menghambat kecepatan tersebut adalah router itu sendiri.

Apabila router yang kamu gunakan adalah produk lama yang diproduksi beberapa tahun yang lalu, maka kamu bisa menggantinya dengan produk router yang baru. Teknologi internet dan wireless terus berkembang dan sudah jauh berubah beberapa dekade terakhir, dan biasanya router yang umurnya sudah lebih dari lima tahun tidak lagi mendukung teknologi terbaru seperti 802.11n/ac, 5GHz, atau kecepatan internet yang melebihi 100Mbps.

Cara termudah untuk mengetahui apakah router kamu penyebab semuanya berjalan lambat adalah dengan mencari tahu nomor modelnya dan membandingkannya spesifikasinya dengan paket internet dari provider mu.

Baca Juga: Cara Download Foto di Instagram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *